TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN
Revolusi Teknologi
Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat
informasi dimana kita kini hidup. Orang menggunakan komputer, bolpoin, surat,dan
telepon untuk berkomunikasi. Masyarakat informasi baru masih mengandalkan beberapa
keahlian nonteknologi mendasar, seperti: keterampilan berkomunikasi, kemampuan
memecahkan masalah, berpikir mendalam, berpikir kreatif, dan berpikir positif .
Akan tetapi, didunia yang kini
berorientasi teknologi, kompetensi orang ditantanngan,dan diperluas dengan
cepat ( Bitter & Pierson, 2002; collis 7 Sakamoto, 1996, Nickerson, 2000).
Teknologi telah menjadi bagian dari sekolah selama
beberapa dekade, tetapi teknologi masih dipakai secara sederhana dan berubah
dengan lamban. Namun, kini teknologi berubah secara dramatis. Perhatikan fakta
bahwa ada sekitar 50,000 komputer di sekolah-sekolah Amerika. Pada 2002, ada
lebih 6 juta! Setiap sekolah di Amerika kini sedikitnya mempunyai ssatu
komputer. Hampir setiap minngu, dewan sekolah menyetujui pembelian sepuluh
sampai dua puluh komputer untuk meningkatkan keterampilan menulis murid, dan
ada dewan sekolah lain yang menyetujui penggunaaan channel one, dan ada sekolah
yang menyisihkan dana untuk membangun system jaringan telecomputing yang
menghubungkan kelas-kelas disekolah danantarsekolah yang berbeda.
Internet
Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet
berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan
informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid. World wide web (web) alah
sistem pengambilan informasi hypermedia
yang menghubungkan berbagai materi internet; materi ini mencakup teks dan
grafis. Web memberi struktur yang dibutuhkan internet.Website adalah lokasi individu atau organisasi internet. Website
menampilkan informasi yang dimasukkan oleh indiidu atau organisasi.E-mail adalah singkatan dari electronic mail dan merupakan bagian
penting dari internet.pesan dapat dikirim diterima individu atau dari banyak individu
sekaligus.
Internet adalah alat pembelajaran penting dalam proyek
kaya teknologi yang disebut Cooperative Network Educational Community of
Tomorrow ( Co-NECT). Internet dapat menjadi alat penting untuk membantu murid
belajar (Bissell dkk., 2002; Roblyer & Edwards 2000.). Akan tetapi, mengandung beberapa kelemahan (Gackenbach & Ellerman, 1999).
Namun, jika dipakai secara efektif, interenet bisa memperluas akses
kepengetahuan dan orang diseluruh dunia. Jika anda tidak tahu cara mengakses
internet, pelajari keahlian ini segera mungkin di komputer anda.
Teknologi dan Diversitas Sosiokultural
Teknologi membawa beberapa isu sosial. Misalnya, akan kah penggunaan
teknologi di sekolah, terutama komputer , akan memperlebar jurang perbedaan
antara murid kaya dan miskin, atau antara pria dan wanita (Spring, 2000)?
Problem akses komputer dan pemanfaatannya juga diperparah karena makin
banyaknya komputer dirumah kelas menengah keatas. Juga ada problem kesenjangan
antauntuk mencegah atau mengrkelompok etnis.
Berikut ini beberapa rekomendasi untuk mencegah atau mengurangi
kesenjangan dalam akses dan penggunaan komputer (Gipson, 1997; Sheffield,
1997):
·
Saring materi teknologi untuk menghilangkan
bias gender,kultural dan etnis.
·
Gunakan teknologi sebagai alat
untuk menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif dan konstruktif untuk semua murid dari semua
latar belakang gender,etnis,dan kultural.
·
Beri murid informasi tentang
pakar dari latar belakang gender dan etnis yang berbeda yang menggunakan
teknologi secara efektif didalam kehidupan dan karir mereka.
·
Bicara lah dengan orang tua
tentang pembarian aktivitas belajar berbasis komputer dirumah.
Standar untuk Murid yang }Melek
Teknologi~
Internasional Society for Technology in Education(2000)
bekerja sama dengan US Departement of
Education, telah mengembagkan standai str untuk murid guna mencapai
level grade yang berbeda. Berikut ini ringkasan dari standar untuk grade
pra-taman kanak-kanak sampai grade 2,3 sampai 5,grade 6 sampai 8,dan grade 9
sampai 12.
Pra taman Kanak-Kanak sampai Grade Dua
·
Gunakan alat input (seperti
mouse,keyboard,atau remote control) dan alat output( seperti monitor dan
printer) untuk mengoperasikan komputer.uk mengarahkan
·
Gunakan variasi media dan
teknologi untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran yang independen.
·
Gunakan sumber daya multimedia
yang pas, seperti buku interaktif software pendidikan,dan esiklopediamulti
media dasar.
·
Kerja sama dengan teman,
anggota keluarga,dan orang lain saat menggunakan teknologi.
·
Gunakan sumber daya teknologi
(seperti teka teki, program berpikir logis,alat menulis, dan kamera digital)
untuk pembelajaran.
·
Tunjukkan perilaku etis dan
sosial yang positif saat menggunakan
teknologi.
Garde 3 sampai 5
·
Gunakan keybord dan alat input
dan output lain secara efektif.
·
Diskusikan penggunaan teknologi
dalam kehidupan sehari-hari dan keuntungan dan kerugian dari penggunaan itu.
·
Gunakan alat teknologi (seperti
multimedia, alat persentasi,alat web,kamera digital,dan scanner) untuk kegiatan
menulis,berkomunikasi dan memublikasikan dan aktivitas individual.
·
Gunakaka telekomunikasi secara
efektif untuk mengakses informasi di tempat yang jauh,berkomunikasi dengan
orang lain,dan mencari informasi yang menarik secara personal.
·
Gunakan telekomuniksi dan
sumber daya online untuk berpartisipasi dalam proyek pembelajaran bersama.
·
Gunakan sumber daya tekologi
(seperti kalkulator,alat pengumpul data, video, dan software pendidikan) untuk
aktivitas pemecahan masalah dan pembelajaran mandiri.
Garde 6 ampai 8
·
Aplikasi strategi untuk
mengidentifikasi dan memecahkan problem hardwaredan software yang muncul dalam
penggunaan sehari-hari
·
Tunjukkan pengetahuan tentang
perubahan dalam teknologi informasi dan efeknya terhadap lapangan kerja dan
masyarakat
·
Gunakan alat spesifik,
software, dan stimulasi (seperti peralatan lingkungan, kalkulator,dan
lingkungan percobaan) untuk mendukung pembelajaran dan riset.
·
Desain,
kembangkan,publikasikan,dan paparkan produk (seperti halaman web dan rekaman
video)
·
Teleti dan evaluasi akurasi,dan
bias dari sumber elektronik yang berkaitan dengan problem dunia nyata.
Grade 6 samppai 12
·
Identifikasi kapabilitas dan
keterbatasab dari teknologi kontemporer dan nilailah potensi sistem dan layanan
ini untuk memenuhi kebutuhan personal dan pekerjaan.
·
Gunakan sumber daya teknologi
untuk mengelola dan mengkomunikasikan informasi personal,dan professional.
·
Gunakan informasi online secara
rutin untuk memenuhi kebutuhan riset,publikasi,komunikasi dan produktivitas
·
Pilih dan aplikasikan alat
teknologi untuk riset,analisis informasi,dan pemecahan problem dalam
pembelajaran materi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar